Wisata Malang Air Terjun Atau Coban

Wisata alam yang ada di Malang tidak sekedar pantai, namun juga wisata Malang air terjun. Air terjun atau coban di Malang sangat banyak dan keindahannya masing-masing begitu luar biasa. Kali ini akan dibahas mengenai dua air terjun yang paling populer di Malang. Pertama ada Coban Sumber Pitu. Sesuai namanya, ada tujuh air terjun sekaligus yang ada di satu tempat. Letaknya ada di Desa Duwet Krajan. Menurut penuturan masyarakat setempat, ketujuh sumber mata air ini letaknya berdekatan di tebing sehingga memuncratkan air lalu jadilah ketujuh sumber air tersebut. Wisata ini bahkan memiliki nilai magis, karena beberapa warga desa seringkali melakukan ritual membawa air yang berasal dari Coban Sumber Pitu ini.

 

Wisata Malang air terjun Coban Sumber Pitu memang dipercaya sebagai sumber air suci. Namun di luar dari kepercayaan magis ini, air terjun ini memang memiliki keindahan yang luar biasa. Tidak hanya itu, sebelum kita sampai di lokasi air terjun Coban Sumber Pitu, sebelumnya kita akan mendapati satu aliran coban lain. Namanya adalah Coban Tunggal, dengan aliran yang besar serta deras dan terlihat dari arah jalan setapak. Begitu mencapai titik dari rental mobil malang, tinggal menoleh saja ke kiri maka kita akan mendapati Coban Sumper Pitu.

Selain Coban Sumber Pitu, ada juga Coban Jahe, air terjun lainnya di Malang yang wajib dikunjungi. Nama Jahe diambil dari bahasa Jawa pejah yang berarti meninggal dunia. Nama ini muncul menyusul gugurnya satu regu tentara yang berada di bawah komando dari Ali Murtopo saat mereka melakukan perlawanan kepada pemerintah Belanda. Para pahlawan yang gugur ini kemudian dimakamkan di Makam Pahlawan Kali Jahe dengan jarak sekitar lima puluh meter dari pintu masuk Coban Jahe. Wisata Malang air terjun Coban Jahe sendiri terletak di Dusun Begawan. Coban Jahe turut dikenal dengan nama Air Terjun Begawan dan ketinggiannya sekitar 45 meter serta memiliki kolam kecil di bagian bawahnya.