Tips Sebelum umroh ke Tanah Suci

Umroh atau disebut juga sebagai haji kecil masih banyak diminati, terutama di Negara kita yang mayoritas muslim. Mungkin ada beberapa dari anda yang sudah memesan dan apply  Paket Umroh. Selain ke khusyuan dalam melakukan ibadah di tanah sucI Mekah dan Madinah.  Pastilah kesiapan kita baik secara spiritual ataupun secara mental sudah benar benar siap. Selain itu juga harus mempunyai pemahaman  terhadap umroh dan lain lain supaya kelak lebih khusyu serta lancar dalam melakukan ibadah kita. Ada baik nya kita cari tahu dulu dalam artikel ini beberap tis untuk kamu yang ingin menjalankan ibadah haji kecil atau umroh. Berikut artikel nya.

Pelajari tentang Umroh

Sebelum memulai pelajaran., anda diharuskan untuk mengerti dan belajar sesuatu tentang speitar umroh. anda bisa membeli buku buku mengenai umroh  dan  apa saja yang harus idlakukan disana, tentang bagaimanasunnah dan cara beribadah yang diperharuskan di tanah suci mekah ataupun madinah. Juga cari tahu tentang dua kota suci tersebut Madinah dan Mekah.

Cari Partner ibadah yang baik

Jika anda berangkat umroh secara rombongan , pastikan mereka adalah partner ibadah yang baik. Memiliki partner ibadah yang baik dapat membuat perjalanan umrah anda lebih maksimal. Dengan beitu anda juga akan termotivasi untuk melakukan rangkaian ibadah pada saat di mekah dengan semangat. Seperti tahajjud di Haram, melakuan tawaf tambahan, membangunkan anda ketika fajar, dan menyemangati anda berbagai hal positif selama berada di tanah suci.

Tahu Aturan Ihram

Pahami segala tentang aturan Ihram seperti anda diarang untuk memakai pewangi Ihram, maka dari itu jangan sampai salah pilih sabun yang terlalu wangi ya. Juga saeperti menutup kepala dengan kain Ihram  ( untuk pria ) maka anda dapat mengontrol diri anda supaya tidak melakukan itu, disaat cuaca terik pun.

Aturan Mencukur Rambut

Setelah anda melakukan ihram ada aturan baik pria dan wanita harus mencukur rambut mereka . nah karena dianjurkan nya untuk memotong rambut, pilihlah tukang cukur yang memakai pisau sekal pakai. Sesuai dengan aturan pemerintah arab Saudi yang memberlakukan aturan pisau sekali pakai untuk jemaah di kota suci. Biarpun sudah ada aturan dari kerajaan tetap saja kita harus waspada . penggantian pisau cukur secara bergantian ber potensi menyebarkan penyakit menular seperti Hepatits C dan lain lain. Sementara untuk wanita jangan sampai memotong rambut di sekitar ka’bah ya. Tunggu hingga kembali ke hotel sehingaa bisa leluasa membuka hijab disana.

Kunjungi Raudah

Perlu diketahui, waktu terbaik untuk mengunjungi Raudah adalah pada waktu malam. Banyak orang berlomba lomba untuk berdoa disini , sehingga Raudah selalu dipenuhi oleh jemaah.  Orang orang di sekitar madinah sering mengatakan malam hari merupakan waktu terbaik untuk berdoa di Raudah karena suasananya lebih sepi ketimbang saat siang hari. Beberapa jam sebelum isya atau beberapa jam sebelum isya atau beberapa jam sebelum terbitnya fajar adalah waktu yang cocok untuk beroda di raudah. Ditemani suasana sepi dan tenang pastinya lebih bisa merefleksi diri.

Kunjungi situs di Madinah

Waktu terbaik untuk mengunjungi situs situs di madinah adalah pada pagi hari, diantara terbit fajar dan dzuhur. Anda bisa mengujungi tempat temp seperti situs perang uhud dan masjid Quba. Masjid yang mempunyai sejarah kuat karena dibangun pertama kali langsung oleh Rasurulloh Nabi  Muhamad SWT.

Sempga tips ini bermanfaat sebelum anda mengambil paket umroh . wasallam.