Tak Pandang Bulu, Preeklamsia Bisa Mengenai Siapa Saja

Preeklamsia merupakan komplikasi yang diderita ibu hamil dengan karakter menonjol berupa kenaikan tekanan darah yang cukup tinggi dan pembengkakan pada wajah, tangan dan kaki. Pada kasus yang parah penderita preeklampsia akan mengalami kerusakan ginjal dan pada urin ibu hamil akan ditemukan protein.

Jika tidak cepat ditangani, penyakit ini dapat membahayakan nyawa ibu dan bayi. Preeklampsia tidak dapat dicegah dan memiliki kemungkinan kejadian yang sama pada setiap ibu hamil di dunia.

Artinya semua ibu hamil memiliki risiko sama terkena preeklampsia. Namun faktor yang membuat ibu hamil cenderung lebih mudah mengalami preeklampsia adalah faktor genetic dan riwayat kesehatan, ibu hamil yang obesitas, menderita diabetes, ibu hamil berusia terlalu muda atau terlalu tua.

Beberapa perempuan terkenal baik di Indonesia dan di Negara lain pernah menderita preeklampsia. Hal ini menunjukkan bahwa, penyakit preeklampsia dapat menjangkiti siapa saja, bahkan orang terkenal atau tersohor sekalipun.

  1. A. Kartini

Salah satunya dialami oleh pejuang emansipasi perempuan, R.A. Kartini. R.A. Kartini diduga meninggal akibat menderita preeklamsia saat hamil. Beliau meninggal empat hari setelah melahirkan anak Raden mas Soesalit Djojoadhiningrat pada 13 September 1904.

  1. Kim Kadarshian

Selain itu kim kadarshian juga pernah berjuang melawan preeklampsia di dua kehamilannya. Kim kadarshian bahkan mengalami kram perut yang sangat menyakitkan setiap kali ia duduk. Karena itu, ia memilih untuk melahirkan anak selanjutnya dengan bantuan ibu pengganti.

  1. Beyonce

Beyonce, penyanyi dunia juga mengalami preeklampsia saat hamil anak kembar, rumi dan sir. Ia menghabiskan satu bulan berbaring ditempat tidur sebelum kelahiran anaknya dengan operasi Caesar pada juni 2017.

  1. Mariah Carey

Penyanyi lainnya yang tak kalah terkenal yang juga mengalami preeklampsia adalah Mariah Carey. Ia mengalami preeklampsia selama kehamilan anak kembarnya, Monroe dan Maroko. Tekanan darahnya yang tinggi membuatnya harus melahirkan dengan operasi caesar pada usia kehamilan hanya 38 minggu.

  1. Adriana Lima

Model Victoria’s Secret yang terkenal di dunia, Adriana Lima, mengalami preeklampsia yang cukup berat. Meskipun demikian, Adriana berhasil melahirkan melalui C-section pada usia kehamilan 34 minggu.

  1. Laura Bush

Preeklampsia bahkan pernah dialami oleh Mantan ibu negara AS, Laura Bush. Laura juga mengalami preeklampsia saat hamil putri kembarnya, Barbara dan Jenna. Laura harus istirahat di tempat tidur rumah sakit sampai melahirkan pada usia kehamilan 35 minggu.

Masih banyak lagi tokoh dan perempuan di dunia yang pernah mengalami preeklampsia. Anda juga harus waspada dan memenuhi gizi serta kebutuhan lainnya saat hamil untuk kesehatan Anda dan buah hati.

Jika Anda ingin memenuhi kebutuhan janin atau kesehatan sang ibu, maka Anda bisa mempercayakannya pada orami.com. Orami menawarkan beberapa keperluan yang dibutuhkan ibu hamil untuk tetap menjaga kesehatannya dengan baik dan tidak terkena penyakit preeklamsia.